Jumat, 03 Mei 2013

Dampak Positif dan Negatif Fenomena Harlem Shake









Setelah fenomena goyang Gangnam Style milik penyanyi asal Korea Selatan PSY mendunia. Kini, tampaknya telah muncul goyang terbaru yang siap meruntuhkan kedikdayaan Gangnam Style di dunia maya, yaitu Harlem Shake. Semua orang beramai-ramai meng-upload video Harlem Shake versi mereka di situs youtube. Tak terkecuali crew Sooperboy. Dari manakah asal goyang Harlem Shake ini? Berikut sejarah singkat tentang Harlem Shake.




Ternyata goyang Harlem Shake lahir pada tahun 1981 di kota Harlem, New York, Amerika Serikat. Goyangan ini terinspirasi oleh budaya tari Ethopia yang disebut Eskista. Saat itu, tarian ini hanya digemari oleh para kaum urban di sana. Goyangan ini diciptakan oleh Al B, karena itu tarian ini sempat dinamakan Albee.




Selain terinspirasi dari tarian Ethopia, Albee juga bisa disebut sebagai tarian orang mabuk dan gerakan mumi. Lambat laun tarian ini tak lagi disebut sebagai Albee. Namun, mengambil nama kota tersebut, menjadi Harlem Shake dan hanya populer di kota Harlem saja.




Pada tahun 2001, grup rapper G. Dep menggunakan tarian ini dalamvideo clip mereka yang berjudul Let's Get It. Pada tanggal 10 Mei 2012, seorang DJ asal Brooklyn bernama Baauer menciptakan sebuah lagiremix yang berjudul sama dengan goyangan tersebut, Harlem Shake.




Bisa dibilang, goyang Harlem Shake yang ada di situs youtube pertama kali dipelopori oleh lima pemuda asal Queensland, Australia. Video mereka seakan menginspirasi orang banyak di seluruh dunia untuk melakukan hal yang sama. Semenjak bulan Februari 2013, ratusan, bahkan ribuan video Harlem Shake mendominasi situs youtube, tak terkecuali di Indonesia.





Dampak Positif :


Harlem Shake Merupakan Gerakan dance atau tarian yang tidak mengikuti koreografi, tidak ada patokkan khusus di dalam Gerakan nya. Jadi Semua orang bisa melakukan harlem shake tanpa perlu latihan.

Dapat Menghilangkan Strees sang Pelaku, dengan gerakan yang tidak karuan dapat meluapkan emosi yang terpendam pada diri kita, jadi secara otomatis kita dapat menyalurkan kekesalan kita lewat gerakan harlem Shake tersebut.
Dapat Meningkatkan Hubungan Silaturahmi antar pelaku nya , dapat mempererat tali persaudaraan antar manusia.

Dampak Negatif :


Harlem Shake merupakan gerakan-gerakan yang bebas, Jadi didalam gerakan nya ada saja orang yang sampai melepaskan pakaian yang digunakannya untuk diperlihatkan kemuka umum, ini tidak sesuai dengan norma agama di Indonesia.
Merusak Keimanan kita
Orang kafir sengaja membuat tarian Harlem Shake untuk mengalahkan kita dengan diam-diam. Mereka sudah mencuci otak kita dan memenuhi otak kita dengan tarian khas mereka. Ditinjau dari segi Islam sesuai dengan ayat Al-Qur'an berikut :

وَالَّذِينَ كَفَرُوا أَعْمَالُهُمْ كَسَرَابٍ بِقِيعَةٍ يَحْسَبُهُ الظَّمْآنُ مَاءً حَتَّى إِذَا جَاءَهُ لَمْ يَجِدْهُ شَيْئًا
“Dan orang-orang yang kafir amal-amal mereka adalah laksana fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu dia tidak mendapatinya sesuatu apa pun.” (QS An-Nur 39)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar