Selasa, 05 Januari 2016

Tugas RPL1 - Analisa Website dikutandi.com terhadap Prinsip-prinsip Dasar UI (User Interface)

I.          Pendahuluan
Terdapat tujuh prinsip dasar UI (user interface) yang harus dipenuhi dalam pembuatan suatu sistem / aplikasi, guna meningkatkan kenyamanan user dalam menggunakan sistem / aplikasi yang dibuat oleh seorang / sekelompok developer / programmer, yang dijelaskan sebagai berikut :
a.      Ease of Learning
User interface yang dibuat haruslah mudah dipelajari untuk user awam atau baru saja memakai aplikasi. Hal ini akan membuat user termotivasi untuk menggunakannya.
b.      User familiarity / Mudah dikenali
Menggunakan istilah, konsep dan kebiasaan user bukan computer (misal: sistem perkantoran gunakan istilah letters, documents, folders bukan directories, file, identifiers. -- jenis document OpenOffice.
c.       Consistency / “Selalu begitu”
Konsisten dalam operasi dan istilah di seluruh sistem sehingga tidak membingungkan. -- layout menu di OpenOfficemirip dengan layout menu di Microsoft Office.
d.      Minimum surprise / Tidak membuat user kaget
Operasi bisa diduga prosesnya berdasarkan perintah yang disediakan.
e.       Recoverability / Pemulihan
Recoverability ada dua macam: Confirmation of destructive action (konfirmasi terhadap aksi yang merusak) dan ketersediaan fasilitas pembatalan (undo).
f.       User guidance / Bantuan
Sistem manual online, menu help, caption pada icon yang disediakan secara khusus.
g.      User diversity / Keberagaman
Fasilitas interaksi untuk tipe user yang berbeda harus disediakan. Misalnya ukuran huruf bisa diperbesar untuk useryang memiliki masalah dengan penglihatan, dsb.



Pembahasan
Pada bagian ini, saya mencoba menganalisis website Pak Dikut Andi Nata, S. Kom selaku Dosen pengajar Rekayasa Perangkat Lunak 1 dengan alamat URL dikutandi.com, berdasarkan empat poin dari ketujuh prinsip dasar UI di atas. Adapun penjabarannya adalah sebagai berikut :

  




Setelah mengunjungi dan mempelajari kinerja maupun isi website ini, saya dapat menganalisa elemen-elemennya ditinjau dari sudut pandang saya sebagai user, berdasarkan poin-poin berikut :
a.    Ease of Learning
Pada salah satu tutorial web developing yang diberikan, penjelasannya diberikan secara bertahap, dimulai dari pendahuluan yang berisi “apa guna artikel ini di-publish”, serta pembelajaran yang step-by-step dimulai dari langkah pertama, hingga seterusnya, yang dapat dilihat dari cuplikan gambar berikut ini. 







Adapun penjelasan tiap langkah disertakan dengan source code, yang disertai pemaksudannya juga. Terdapat pula penyertaan screenshot gambar dari tiap langkah tutorial yang berguna untuk mempermudah user dalam mencocokkan apakah langkah yang dilakukan sudah benar, atau masih belum sesuai dengan yang dijelaskan dalam artikel.  Menurut analisis saya, website ini sudah memenuhi kriteria easy of learning, yakni menampilkan konten yang mudah dipelajari dengan user (dengan tutorial yang step-by-step) sekaligus memicu user untuk mempelajari kontenwebsite (tutorial itu sendiri) dikarenakan adanya penyertaan source code dan screenshot langkah tutorial yang sudah cukup baik penempatannya.

b.      User familiarity
Pada tampilan awal web, menubar yang disediakan cukup menavigasi user dalam menggunakan website ini, dengan pilihan lima menu utama yang secara garis besar mencakup seluruh konten dari website ini. Adapun terdapat pula kolom Trending pada bagian atas laman yang sengaja diintegrasikan dengan kolom Terpopuler (di sebelah kanan laman), yang membuat tampilan web ini mudah dicari atau dilihat daftar konten terbarunya, sehingga meningkatkan user experience dalam penggunaannya (seperti website-website pada umumnya).
Menurut analisis saya, website ini telah memenuhi prinsip user familiarity, dengan menampilkan layoutmenubar, kolom Trending dan Terpopuler yang ditampilkan sesuai dengan user experience pengunjungwebsite pada umumnya.





f.      User diversity
Digunakannya bahasa yang familiar, gaul, dan disertai humor ringan yang menghibur namun tetap serius membahas pokok permasalahan di hampir tiap artikel, membuat konten website ini mudah dicerna oleh kalangan anak muda,web developer yang masih dalam tahap belajar, maupun yang sudah berada di tingkat lanjut dengan baik. Menurut analisis saya, dalam segi user diversity, website ini sudah memenuhi aspek experience yang mewakili beragam demografi pengunjung laman, sehingga website ini cocok dikunjungi atau dibaca konten artikelnya oleh seluruh kalangan pengunjung.

g.       User guidance
Selain menubar dan kedua kolom tersebut, pada bagian bawah laman website, terdapat kolom “Keep In Touch” yang berisi kontak e-mail dan nomor telepon pemilik website, kemudian rujukan Artikel Lain yang disuguhkan untuk men-trigger pengunjung guna melihat atau mengunjungi artikel-artikel lain, serta kolomSubscribe untuk memfasilitasi pengunjung dengan notifikasi / pemberitahuan adanya artikel baru yang dirilis dari website ini. Sehingga menurut analisis saya, sudah cukup memandu user dengan baik dalam kunjungannya ke website ini.
   

Sumber Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar